Tips Sebelum Membeli Smartphone


Hari gini gak punya Smarthphone? masa iya? Update dong, jaman kan udah beda, teknologi udah maju, jangan mau ketinggalan!  Oi?! bener gak? xixixi yombex!! (y)


Gue bukan penjual handphone, gue gak buka lapak dan promo barang disini, gue cuma penggila berat smartphone aja, gue suka banget yang namanya ngebaca berita seputar gadget, pokoknya gue suka banget dan tertarik dengan hal-hal yang berbaur teknologi!.
Gue slalu baca review-nya smartphone yang lagi banyak diperbincangkan netizen, spesifikasi dan kelebihannya, biasa juga gue langsung cari review-nya di Youtube biar lebih jelas, mulai dari unboxing, using, tips and tricks, dll.
Tapi......bukan berarti gue suka trus gue harus beli semuanya, pengen sih punya semuanya tapikan gak mungkin secara duit gak jatuh dari langit, yaudah gue sekedar suka aja buat baca-baca, nyesek juga sih hahaha tapi gak apalah nambah informasi aja. LOL.


Jadi dipostingan kali ini, gue pengen banget nge-share something that I know, tentang hal-hal yang kalian perlu ketahui sebelum membeli gadget atau smartphone, soalnya banyak juga temen-temen gue yang biasa nanya "bang Bay, gue mau beli hp nih, yang bagus apaan ya? yang sesuai budget gue sgini...", nah karna itu juga, banyak sih tips-tips diluar sana yang lebih bagus, tapi disini gue ringkas menurut pandangan gue, pengalaman gue, dan wawasan gue, serta bahasa gue sendiri hehe, semoga menarik ya guys!


1.  Okey! hal pertama yang mesti lo perhatiin adalah "berapa sih budget yang lo punya?" jadi sebelum lo memilih untuk beli hp apa, lo mesti tau berapa budget (duit) yang lo punya, kalo lo udah tau atau udah nyiapin, itu akan memudahkah lo, contohnya "bang Bay gue cuma punya budget sekitar 2jtaan nih!", yaudah berarti lo gak usah liat yang diatas 3jt lagi.


2.  Kalo lo udah tau punya budget berapa, yaudah langsung sikat!!! testo. Langsung aja lo searching duluu di google, kira-kira gadget apa aja yang harganya sekitar 2jtaan, setelah itu lo liat spesifikasinya, mana yang menurut lo paling bagus, kalo udah dapat lo bisa datengin dulu konter-konter penjual smartphone di daerah lo, lu survei aja smartphone apa aja yang mereka jual sekitar 2jtaan, contoh, di daerah lu cuma ada 3 konter hp, yaudah lo datengin aja satu-satu lo liat yang hargannya 2jtaan, lo catet namanya, fix trus lo pulang, di rumah lo liat speknya masing-masing mana yang menurut lo paling bagus, atau lo tanya aja speknya ke mas-mas atau mbak-mbak pelayan konter disana, tapi kalo menurut gue sih mending lo cari sendiri aja soalnya lebih lengkap tuh sumber di google banyak, lo bisa tau kelebihan dan kekurangannya juga, soalnya kalo nanya ke mas atau mbak pelayan konter belum tentu mereka tau, kalo mereka tau pun belum tentu itu benar. Hehe kalian harus tau, gue kalo bosen, stress, atau bete, gue sukanya cuci mata, gue sukanya yaa kalo gak ke tempat toko sport, liat-liat sepatu atau jersey-jersey, kaos-kaos, ya gue ke konter-konter smartphone, suka aja gitu dateng liatin smartphone-smartphone canggih yang harganya gak tau diri, terus nyobain versi demonya, make selfie trus fotonya gue upload di Instagram, atau gue install FIFA 15 gue main sebentar kalo udah selesai tinggal gue restart ulang, yaaaa gitu.


3.  Nah setelah lo udah catet daftar smartphone incaran lo, lo cari spesifikasinya masing-masing, dan perbandingan speknya tuh yang mesti lo perhatiin adalah RAM (semakin tinggi RAM-nya itu semakin bagus, untuk kinerja tasking), Memory Internal (semakin besar memory-nya semakin bagus, supaya banyak app yang bisa di install), Processor (Quad core, Octa core, Intel Atom, dll. Semakin besar GHz-nya semakin mengurangi leg/macet/lamban pada kinerja gadget), Kamera, Kerapatan Pixelnya (semakin besar ya semakin bagus contoh layar  HD 1080p x 1920 pixels dengan kerapatan pixel hingga ~403 ppi, gambar atau Icon App lo tuh bakalan jernih, bagus atau jelas gitu), dan Baterai, itu sih yang gue rasa penting, yang lainya tetap kalian compare lah mana yang menurut kalian paling bagus.


4.  Kalo kalian udah fix sama pilihan kalian, tinggal jalan beli deh, cari toko mana yang harganya lebih rendah dibanding yang lain, terus bawa duit lebih juga buat beli aksesorisnya seperti Anti-gores layar, Flipcover, atau case-nya, kalo seperti powerbank, tongsis, fish-eye, dll, itu bisa nyusul deh belakangan.


5.  Buat yang pengen order smartphone-nya secara online gue punya tips nih supaya gak ketipu, biasanya emang kalo belanja online harganya lebih terjangkau sih hampir sama kaya harga resminya jadi lebih enak, sebelum lo beli lo nanya-nanya aja dulu sama pelapaknya, yang mesti lo perhatiin adalah testimonial (bukti-bukti transaksi seller dan buyer) semakin banyak testimoni semakin bagus tapi hati-hati bisa juga si pelapak melakukan kecurangan dengan menuliskan atau membuat testimoni sendiri.
Terus lo tanya aja toko fisiknya dimana, bagusan sih kalo belanja online di tempat yang ada toko fisiknya, lo bisa minta alamat sama foto lapaknya agar lebih jelas.
Tips lainnya juga lo bisa minta foto asli dari barang yang pengen lo pesen dari si pelapak, ini sih tips yang ampuh biasanya si pelapak yang trusted slalu menjual produknya dengan foto asli beserta tulisan nama toko si pelapak.
Jangan terlalu tergiur dengan harga yang murah, misal harga resminya 4jt terus si pelapak menjual dengan harga 2jt, kecuali bapaknya itu Bill Gates, dan jangan terlalu tergiur dengan barang BM (Black Market) kebanyakan para penipu menggunakan alasan produknya itu barang BM makanya harganya murah.
Nah sebelum lo melakukan transaksi, lo bisa tanya dulu si pelapak mau gak via COD (Cash On Delivery) atau RekBer (Rekening Bersama) lo coba-coba aja nanya, kalo gak mau patut dipertanyakan. Nah kalo dari semua permintaan diatas mereka bilang gak bisa dengan alasan ini itu, mending gak usah, karna penjual yang trusted pasti mau melakukan apa saja agar pelanggannya percaya.


6.  "bang Bay? gimana sih caranya bedain barang Ori dan KW?", cara membedakan yang gue tau, kalian liat aja box si smartphone tersebut, liat deskripsinya, liat distributornya siapa. Contoh, kalo smartphone yang lo beli itu Produk ASUS Zenfone, di box-nya pasti ada label dari distributor resmi ASUS Indonesia untuk Zenfone: PT Erajaya Swasembada, PT Datascrip, atau PT Synnex Metrodata Indonesia. Jadi kalian juga mesti tau distributor smartphone incaran kalian itu apaan, supaya gak ketipu barang KW, dan nilai plusnya kalian punya garansi untuk memperbaikinya.


Wokeee...jadi segitu aja dulu Tipsomeness buat kalian yang pengen beli smartphone, masih bingung ya? hehe kalo masih bingung kalian bisa tanya aja ke gue di kolom komentar atau di sosmed gue, dan thanks buat yang udah mampir buat baca, semoga bermanfaat! nambah pengetahuan kaliannya hehe, kalo kalian suka bantu di share ya ke teman-temannya biar dapet pahala amin!. Terus dukung gue, like page gue di facebook, follow gue di sosmed, ada infonya semua dibagian kanan dan paling bawah guys! langsung klik aja. Kalian yang udah mampir buat ngebaca 1 read dari kalian itu sangat berarti banget buat gue thx buat support dari teman-teman semua, tunggu tips-tips awesomeness selanjutnya guys! I love you guys! :*

Komentar

  1. Bang bay, cara ganti hape dari samsung s advance ke iphone 6s plus tanpa keluarin biaya gimana ya? Salam super.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gampang koq bro main aja game cumaceban.com disitu lo bisa dapet iPhone 6 dgn ceban doang!! thx bro udah mampir! salam kreatif

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kreativitas Tanpa Batas

Tumbuh Tuh Keatas!

Introjuice