Catatan Akhir Tahun 2015




Page 365 of 365






Udah mau tahun baru ya, sedikit lagi tahun 2015 ini akan berakhir, gimana gaes menurut kalian tahun 2015 ini? Apa semua resolusi kalian di tahun ini sudah ada yang terpenuhi? Atau gak ada sama sekali? Haha resolusi gue cuma sebagian kecil yang terpenuhi, sedih juga sih.

Kalo udah akhir tahun kaya gini pasti rasanya waktu itu cepat banget berlalu ya gaes? Padahal kita udah ngelewati perjalanan waktu yang begitu panjang.
Di hari terakhir tahun 2015 ini, gue mau buat catatan kecil tentang perjalanan gue selama setahun ini, biar jadi history gitu, suatu saat gue bisa baca dan gue bisa ingat kembali apa yang terjadi di masalalu gue.

Tahun 2015, di tahun ini banyak sekali kejadian besar yang gue alami, kejadian-kejadian yang merubah hidup gue, banyak sekali pelajaran hidup yang gue ambil di tahun ini.
Gue mengawali tahun ini dengan sangat baik, malam tahun baru yang berkesan bisa menyambut bareng orang-orang yang gue sayang, keluarga, sahabat, bahkan bareng cewek gue.
bulan-bulan pertama tahun ini gue harus berjuang bareng teman-teman gue buat menghadapi Ujian Sekolah dan Ujian Nasional nanti, adanya tambahan waktu belajar di sekolah buat gue begitu berharga, disamping waktu gue sama-sama dia jadi nambah dikit lebih banyak di sekolah, dan adanya tambahan waktu belajar walaupun kadang kita sering mengeluh karna lelah, tapi itu emang buat kebaikan kita, terimakasih banyak buat bapak, ibu guru yang membimbing kami, sampai sekarang saya dan teman-teman saya bisa sampai di Perguruan tinggi, terimakasih banyak untuk ketulusan dan pengorbanannya untuk kami, tidak akan lupa dengan apa yang mengajarkan kita untuk jadi manusia yang lebih baik.

Tapi gue juga sedih karna berarti waktu gue bareng teman-teman gue udah sisa sedikit lagi, hanya tertinggal berapa bulan menuju ujian dan menerima hasil ujian, dan disaat waktu itu tiba, berarti disitulah awal perpisahan untuk kita.
Waktu terus berjalan, dan dulu bodohnya gue slalu berharap agar waktu ini cepat berlalu, gue pengen cepat-cepat rasain dunia perkuliahan, akhirnya gue kurang manfaatin waktu bareng teman-teman gue.
Ujian-ujian yang ditakutkan udah lewat, hasil udah diterima, Alhamdulillah kita semua lulus dengan nilai-nilai yang cukup memuaskan. Perpisahan pun tiba, sebenarnya ini moment yang paling gak gue suka, kenapa setiap pertemuan slalu ada perpisahan. Akhirnya kita semua harus pisah, sama sekolahan, guru-guru, jajanan kantin, WC (tempat pelajar buat nge-refresh otak mereka yang suntuk karna belajar), dan semua teman-teman di sekolah. Dan setelah perpisahan, satu persatu dari mereka mulai ada yang lenyap dari pandangan gue, mereka pergi ketempat yang jauh buat ngejar masa depan mereka. Dan saat itu rasa penyesalan gue mulai timbul, "kenapa gue gak manfaatin waktu sebaik mungkin pas lagi bareng mereka, kenapa waktu ini cepat sekali berjalan", waktu tetap konsisten pada pendiriannya terus berjalan tanpa pernah berhenti. Rasa rindu akan belajar yang menyelimuti gue sehari-hari, kangen sekolahan, kangen semua suasana yang terjadi didalamnya, kangen guru-guru yang luar biasa, kangen les sore, les malam, rasanya pengen sekali aja kembali ke masa itu lagi, sayangnya Doraemon hanya karakter fiksi.
Setelah kejadian itu gue belajar menghargai waktu, arti kebersamaan, dan maksudnya manfaatin waktu sebaik mungkin, karna waktu gak akan pernah nunggu kita. Buat adek-adek gue yang sekarang duduk di kelas 3 SMA, gue harap kalian manfaatin waktu sebaik mungkin bareng orang-orang yang kalian sayang, jangan sampai ada penyesalan nantinya, tahun depan kalian hanya punya sedikit waktu sebelum akhirnya berpisah. :)

Cerita gue berlanjut untuk berjuang masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, sebelumnya gue gak diterima jalur SNMPTN, gue coba untuk ambil jalur SBMPTN, dan ikut tes SPMB STIS. Dan gue gak diterima juga. Gue berharap bisa lolos STIS, tapi ternyata kemampuan gue gak bisa bawa gue kesana, yaudalah, semua udah lewat. Satu-satunya tempat kuliah di luar kota yang bisa gue masuki hanya Universitas Swasta dekat rumah keluarga gue disana, ya gue pengen banget lanjut sekolah di luar kota, dari kecil gue di tanah kelahiran gue, tempat yang terlalu nyaman, bukannya kota Merauke itu jelek, yup gue lahir di Merauke, Papua, gue cuma pengen nyari suasana baru, keluar dari zona nyaman, ketemu orang-orang baru yang notabennya dari bahasa sehari-hari aja kita udah beda, tapi tes untuk masuk di Universitas itu masih lama banget bulan September, jadi gue harus nganggur untuk beberapa bulan.

Akhirnya cewek gue duluan yang ninggalin gue, ngejar impiannya keluar kota. Gue bangga sama dia, bisa lolos SNMPTN, bisa lanjutin pendidikan ditempat yang dia mau, gue berusaha untuk support dia dengan apa yang dia pilih, ngeyakini bahwa dia pasti bisa jadi lebih baik disana, sebelum dia berangkat gue berusaha manfaatin waktu sebaik mungkin sama dia, itupun rasanya masih kurang, but it's okey. Setelah dia berangkat gue rasa kesepian, tapi gak kesepian banget masih ada beberapa sahabat terbaik gue disini, gue manfaatkan banget waktu bareng mereka, pengennya gue main terus sama mereka, hampir pulang kerumah hanya untuk makan mandi tidur, pergi lagi main.

Seiring waktu berjalan akhirnya saatnya tiba, gue harus berangkat ninggalin kampung halaman gue yang tercinta, sebelumnya gue udah manfaatin untuk ngenang tempat tinggal gue, taking some pict just for a memory, semua gue lakuin walau masih terasa kurang.
Gue harus berangkat ketempat yang baru, beradaptasi, dan menetap untuk beberapa tahun disana. Yak, disinilah gue sekarang di Jakarta, tepatnya ya di Tangerang Selatan. Disini gue mulai kehidupan gue yang baru, untuk berbicara gue gak terlalu sulit, hanya perlu membiasakan diawal aja, dan gue bener-bener rasain kerasnya kehidupan disini, macetnya jalan, susahnya uang, dan bener-bener gue ngerasain uang 500 rupiah itu berharga banget disini, yang bahkan di Merauke lebih baik dikembaliin gula-gula daripada uang 500 rupiah itu, ya tapi itu wajar, kehidupan di kota Merauke serba mahal, menurut gue sama aja, uang besar karna harga barang mahal, disini uang kecil masih berharga karna barang-barang disini tak semahal disana, dan satu hal yang harus gue sadari! kalo ini kota besar, dulu gue di Merauke, jarak yang gue anggap jauh sekarang disini gue anggap ternyata itu deket banget, disini semua serba jauh, gue ke kampus perjalanan setengah jam, mau pergi main futsal aja juga jaraknya hampir setengah jam perjalanan, gue mau pergi nonton ke mall aja sejam perjalanan, dan gue harus terbiasa akan jarak dan kemacetan disini, mungkin kalian juga ada yang sependapat dengan gue.

Waktu untuk tes gue masuk Universitas tiba, pagi itu gue jalan ke kampus sendirian, gue gak kenal siapa-siapa disaat yang lain banyak yang jalan bareng teman-temannya, gue jalan ke ruangan tes, disitu gue liat beberapa orang yang sendirian juga, gue coba ngajak bicara, sampai waktu tes tiba dan waktu tes selesai, gue langsung pulang. Waktu pengumuman hasil tes keluar, dan Alhamdulillah gue diterima masuk disitu, di Universitas Pamulang jurusan S1 Teknik Informatika, itu berarti gue bakal ketemu teman-teman baru.
Keren di Tahun 2015 ini gue ngerasain dua moment, perpisahan bareng teman SMA, dan pertemuan bareng teman Kuliah gue. Di kampus gue gak ada ospek, hanya ada Propesa, Prosesa itu seperti Proses pengenalan sistem perkuliahan di kampus, penjelasan-penjelasan tentang dunia perkuliahan, penjelasan tentang sistem kampus gue, dan itu hanya berlangsung selama sehari, duduk di ruang Auditorium kampus, dengan menggunakan Almamater kampus, gue rasa seperti ini harusnya sistem ospek di dunia perkuliahan, memanusiakan pelajarnya, dan yang gue salut di kampus gue gak ada senioritas, yang mana senior slalu mengurus kehidupan juniornya tapi hidupnya belum tentu terurus, gila hormat dan sebagainya, gue yakin orang bakalan respect sama kita kalo kita respect juga sama mereka, jadi jangan nunggu orang respect duluan, selagi banyak waktu urus aja urusan kita di kampus.

Gue ketemu teman-teman yang baru, mereka baik-baik, gak seperti yang gue bayangin diawal, kalo gue dari Timur mungkin gue di-bully sama mereka, tapi enggak walau mereka sering bercanda, tapi candaan itu wajar, gue seneng juga ada temen gue dari timur, dari Flores, jadi gue ngerasa punya sekutu haha Indonesia Timur Not For Sale!!.
dan perkuliahan gue lancar-lancar aja, gue bisa ngikuti setiap mata kuliah dengan baik, dosennya banyak cewek terus masih muda dan cakep jadi lebih semangat lagi belajar haha.

Di tahun 2015 ini gue juga mulai produktif, gue mulai nge-blog lagi, mulai mencoba sesuatu yang baru, seperti nge-Youtube, buat Vidgram, vaping trick ya walau abal-abal, dan jadi beatmaker Drum Pads 24, gue pengen aja ngelakuin apa yang gue liat dan gue suka, gak ada salahnya untuk mencoba, gue pengen lebih kreatif menghibur orang, atau menghibur diri sendiri, dan gue gak mau 1 hari gue terbuang sia-sia untuk hal yang gak berguna, gue suka aja ngelakuin semua itu, nanti deh gue bakal bahas ditulisan selanjutnya, yang jelas gue tetap ngejar passion gue, apa yang gue suka, and I do what I like to do.

Satu hal lagi yang paling menyedihkan di Tahun 2015 ini adalah gue terpaksa harus ngejalani LDR, hubungan jarak jauh bareng cewek gue. LDR itu berat banget, gue gak nyangka seberat ini, semua tentang rasa, jarak, waktu, dll. Gak jarang gue marahan sama dia, LDR bagi gue hanya memperkeruh hubungan gue, ntah gue yang gak sanggup atau dia, gue gak paham dan gak bisa nyalahin siapa-siapa, sejatinya LDR hanya untuk mereka yang kuat, mereka yang punya keinginan untuk tetap bersama walau jarak jadi halang, mereka yang berpegang teguh akan komitmen, mereka yang berpikir dewasa, mereka yang bisa saling pengertian, mereka yang siap menerima resiko dan mereka yang tak pernah kalah dari jarak dan waktu. Hubungan gue lagi hancur, gue gak ngerti ntah mungkin gue atau dia atau mungkin kita yang lemah, gue atau dia atau mungkin kita yang gak bisa bersabar, gue atau dia atau mungkin kita yang gak bisa nahan ego masing-masing, gue harap hubungan ini bakal baik-baik aja, karna gue sayang sama dia, tapi gue siap menerima segala resiko yang akan terjadi, kita gak bisa maksa seseorang untuk seperti keinginan kita, kalo orang udah gak suka dipaksa sekeras apapun ya tetep bakalan gak suka, sekeras apapun usaha lo, semua itu mungkin sia-sia, satu hal yang bisa merubah semuanya ya.....dia, dirinya sendiri yang bisa merubah kalo dia ngerti, apalagi udah jauh dari mata, datang orang yang ngasih perhatian ke dia, Orang yang spesial akan kalah dari yang slalu ada. Yap gue harap hal buruk gak terjadi buat hubungan gue, gue harap gue bakal baik-baik aja sama dia, walaupun segala kemungkinan buruk akan terjadi di depan nanti. :)

yah, segitu aja catatan gue buat akhir tahun ini, dan Resolusi baru gue untuk Tahun 2016 yang akan datang, adalah gue bakal lebih serius ngejar passion gue, lebih produktif, lebih kreatif lagi, gue pengen lebih serius ngejalani apa yang gue suka, mungkin bakal ada hal-hal baru lagi di Tahun 2016 yang bakal gue coba. Dan terimakasih sebanyak-banyaknya gaes buat kalian yang slalu support gue, serius gue inget koq siapa aja yang sering like video gue di instagram yang sering comment, dan terimakasih banyak juga buat yang ngeluangin waktu baca setiap postingan gue, support kalian itu sangat berharga gaes!

Kalian juga jangan lupa untuk buat resolusi kalian di tahun 2016 nanti, supaya setiap langkah kalian punya tujuan gaes!! get your achievements!!! Sukses selalu untuk kita semua, tutup tahun ini dengan suka cita, hari esok adalah lembaran baru yang siap untuk dicorat-coret! Oke gaes!!! ;D


HAPPY NEW YEAR 2016 FOR ALL OF US!!! BOOM!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kreativitas Tanpa Batas

Tumbuh Tuh Keatas!

Introjuice